GAMBARAN UMUM DESA


Desa Mudakeputu adalah salah satu desa di Kecamatan Ile Mandiri-Kabupaten Flores Timur-NTT, yang terbentang dari daerah dataran rendah sampai ke lereng gunung Ile Mandiri dengan ketinggian tempat ±0-400 meter dari permukaan laut. Kondisi iklim pada umumnya 3 – 4 bulan basah dan 8 – 9 bulan kering dengan suhu rata-rata 34◦ C.5

Secara geografis, desa Mudakaputu berada pada batas-batas wilayah, sebagai berikut:

·         Sebelah Utara berbatasan dengan  Laut Flores

·         Sebelah Selatan berbatasan dengan Gunung Ile Mandiri

·         Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Tiwatobi

·         Sebelah Barat berbatasan dengan desa Lewohala dan Desa Watotutu

 

Luas Wilayah Desa Mudakaputu secara keseluruhan 5,15 km² (515 ha) dengan jumlah penduduk per Oktober 2020 sebanyak 1037 jiwa dengan 240 Kepala Keluarga, yang tersebar di dua belas (12) RT dan tiga (3) wilayah dusun.

 

v  Potensi unggulan masyarakat desa:

a.     Pertanian, berupa tanaman padi dan jagung, sorgum, ubi kayu sebagai tanaman pangan dan juga sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan komoditi yang cukup potensial untuk diusahakan.

b.     Perkebunan, berupa tanaman jambu mete, kelapa, kemiri, asam adalah merupakan komoditi andalan sebagai sumber pemghidupan masyarakat desa.

c.     Peternakan, dengan beberapa jenis ternak yang dapat dikembangkan di sini adalah; kambing, Babi, Ayam, dan lainya.

 

v  Potensi sosial budaya masyarakat desa:

Masyarakat desa Mudakeputu sampai saat ini, dalam keseharian hidupnya masih tetap berpegang teguh pada nilai-nilai luhur yang diturun-temurunkan secara lisan sebagai sebuah kebudayaaan yang telah membangun peradaban masyarakat Mudakeputu.

Lembaga pendidikan formal yang ada di desa Mudakeputu terdiri dari lembaga Pendidikan TKK Sta. Maria de Fatima Mudakeputu dan Sekolah Dasar Inpres Lewoneda. Sementara lembaga pendidikan non formal berupa satu buah Kober Hali nala  watan.

 

v  Kelembagaan di desa

Kelembagaan yang ada di desa Mudakeputu selalu proaktif mendukung pemerintah desa dalam setiap kebijakan pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai kepada evaluasi hasil pembangunan. Lembaga-lembaga yang dimaksud adalah; Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemangku Adat (LPA), Lembaga Adat, Rukun Tetangga (RT), LINMAS, PKK Desa, Kader Posyandu, Karang Taruna, Gereja, Kelompok tani, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Badan Pengelola Sarana Air Bersih (BPSAB) Desa, dll.

Kontak Kami

Desa Mudakeputu Kecamatan Ile Mandiri Kabupaten Flores TImur - NTT

Pencarian

Social Media

Statistik