22 Februari 2022

Gereja Yang Berjalan Bersama



mudakaputu.desa.id - Jumad, 18 Februari 2022, pekan kemarin, dilaksanakan sosiaalisasi dan pembekalan materi sinode kepada para fasiitator Stasi Sta. Maria de Fatima Mudakeputu, oleh Pastor Paroki St. Yoseph Riangkemie, RD. Donatus Selidan Kolin, Pr.

Dalam sosialisasi tersebut, Romo Don Kolin mengatakan, bahwasannya sinode yang akan dilaksanakan mulai dari Komunitas Basis Gerejawi (KBG) ini, adalah untuk mengajak umat menyadari kembali eksistensinya sebagai gereja sinodal, yakni gereja yang berjalan bersama, dalam membangun persekutuan, partisipasi dan misi.

"Sinode dilaksanakan mulai dari KBG, bertujuan untuk mengajak umat menyadari hakekat keberadaannya, sebagai gereja yang berjalan bersama, dalam membangun persekutuan, partisipasi dan misi," tutur Romo Don Kolin.

RD. Don Kolin, lebih jauh menjelaskan, bahwa, Sinode yang lazimnya merupakan sidang para uskup sedunia, untuk menghasilkan sejumlah keputusan resmi gereja, kali ini, Bapa Paus Fransiskus menghendaki agar segala keluh kesah umat katolik di seluruh dunia, mesti menjadi bahan perbincangan ketika sinode para uskup sedunia berlangsung.

Oleh karena itu, kepada fasilitator pada setiap KBG, mesti mampu membawa umat menemukan hakekat gereja, yakni, pengalaman jalan bersama umat Allah dan Tuhannya di dunia, yang kemudian ditata dalam sidang Sinode para Uskup sedunia.

"Saya sangat mengharapkan, agar dalam proses sinode di KBG masing-masing, fasilitator mampu membawa umat menemukan pengalaman jalan bersama umat Allah dan Tuhannya, sebagai hakekat gereja, untuk kemudian ditata dalam sidang resmi, baik pada level gereja lokal, gereja nasional, maupun gereja universal, yang disebut Sinode," demikian Romo Don.

Dari pantauan mudakaputu.desa.id, kegiatan sosialisasi dan pembekalan para fasilitator  Stasi Sta. Maria de Fatima-Mudakeputu ini, sampai kepada simulasi pelaksanaan sinode untuk umat KBG dan untuk kelompok kategorial gerejawi. Peserta terlihat begitu semangat dalam mengikuti kegiatan ini, dalam kegembiraan.

Hadir pula dalam kegiatan ini, para pengurus harian, pengurus inti Dewan Pastoral Stasi Sta. Maria de Fatima-Mudakeputu dan ke sebelas Ketua KBG-nya. Dan pada akhir kegiatan ini, dibuatlah komitmen sebagai rencana tindak lanjut pelaksanaan Sinode di KBG, yakni pada hari Rabu, 23 Februari 2022.(mdi)

0 Komentar

Kontak Kami

Desa Mudakeputu Kecamatan Ile Mandiri Kabupaten Flores TImur - NTT

Pencarian

Social Media

Statistik