14 November 2020

Kelompok Pekka Desa Mudakeputu Menganyam

mudakaputu.desa.id-Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) merupakan sebuah wadah yang digagas oleh Komnas Perempuan sejak tahun 2000, yang bertujuan untuk memberdayakan keluarga miskin khususnya keluarga-keluarga yang dikepalai oleh perempuan.

Dalam kaitannya dengan itu, pemdes Mudakeputu, merespon apa yang menjadi tujuan kelompok ini, dalam upaya pemberdayaan emak-emak yang tergabung di dalam kelompok PEKKA di desa Mudakeputu dalam rangka meningkatkan kapasitasnya, sebab mereka adalah kelompok orang miskin yang ada di desa.

Dengan menitikberatkan kepada program kegiatan Usaha Kecil Mikro (UMK), yang merupakan program tematik PEKKA di desa Mudakeputu, mereka lebih memilih latihan menganyam untuk memanfaatkan daun lontar yang hampir tidak dihiraukan lagi.

Ketua kelompok PEKKA desa Mudakeputu, Maria Timu Baun ketika dikonfirmasi di sela-sela pelatihan hari ini (Rabu, 21/10/2020), mengaku akan membuat rencana kegiatan menganyam bagi kelompok PEKKA yang dipimpinnya menjadi salah satu sumber penghasilan keluarga PEKKA.

"Kami akan buat jadwal kegiatan kelompok PEKKA untuk menganyam berbagai wadah dari bahan daun lontar, untuk dijual."

Ketika dimintai keterangan tentang PEKKA di desa Mudakeputu, Timu Baun (Ketua) menyebutkan bahwa, PEKKA di Desa Mudakeputu beranggotakan sebelas orang, dengan struktur kepengurusannya adalah Ketua Maria Timu Baun, Sekretaris Yuliana Kasa Leton dan Bendahara Theresia Golan Baun.

Kepala Seksi Kesra Mikhael Sanga Leton, yang menangani kegiatan pelatihan ini, menyebutkan bahwa kegiatan ini terlaksana atas dukungan anggaran yang bersumber dari APBDes tahun sebelumnya yang dianggarkan kembali dalam APBDes tahun 2020, sebesar tujuh juta empat ratus sepuluh ribu lima ratus rupiah.

Menurut Kepala Seksi, bahwa hasil anyaman yang diperoleh dari kegiatan pelatihan berupa wadah pengganti piring ini, akan dijual kepada seluruh masyarakat Mudakeputu pada saat seremonial renovasi Koke (rumah adat), pada hari Sabtu (24/10/2020) dan hasil jualan akan diberikan ke kas PEKKA.



Dalam kesempatan terpisah, Kepala Desa Mudakepitu, Yohanes Purin Weking mengharapkan agar kegiatan pelatihan ini tidak berhenti sampai di sini. Sangat diharapkan untuk tetap dijalankan sebagai usaha kelompok.

"Kegiatan ini diadakan hanya sebagai stimulus untuk menggairahkan semangat emak-emak yang tergabung dalam kelompok PEKKA. Oleh karena itu, kepada emak-emak, diharapkan untuk menindaklanjuti kegiatan ini di dalam rutinitas kelompok," tutupnya.

Ada pun pelatih/nara sumber dalam kegiatan pelatihan ini adalah emak-emak Mudakeputu yang telah mahir menganyam, yaitu; mama Ona Ketuk, mama Sia Sogen dan mama Marni Baun. (mdi).

 

Editor: Sil Leton

0 Komentar

Kontak Kami

Desa Mudakeputu Kecamatan Ile Mandiri Kabupaten Flores TImur - NTT

Pencarian

Social Media

Statistik