16 Oktober 2020

Pemdes Mudakeputu Melaksanakan Pelatihan Terhadap Kader Teknik Desa

Mudakaputu.desa.id-Kader Teknik Desa, merupakan tenaga yang kini sedang dibutuhkan di desa sebagai tenaga khusus teknik konstruksi, dari tahap perencanaan sampai kepada tahapan pelaksanaan pembangunan. Oleh karena itu, mereka mesti didorong untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi tenaga yang profesional agar mereka mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan desa.

Hari ini, Jumad (16 /10/2020), bertempat di gedung serbaguna desa Mudakeputu-Kecmatan Ile Mandiri, Pemerintah Desa Mudakeputu memulai dengan mengadakan pelatihan terhadap lima orang Kader Teknik Desa, sebagai upaya pemerintah desa untuk  menyiapkan tenaga teknik di  desanya agar kemudian dapat  membantu pemerintah desa  dalam merencanakan pembangunan, khususnya pembangunan infrastruktur di desa Mudakeputu.

Kepala Desa Mudakeputu, Yohanes Purin Weking dalam sambutan membuka kegiatan ini, mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga teknik yang profesional di bidang teknik sarana prasarana desa dengan memanfaatkan sumber daya yang kita miliki, sehingga desa tidak lagi mendatangkan tenaga teknik dari luar desa sebagai perencana dalam pembangunan sarana dan prasarana di desa.

“Kita punya potensi Sumbar Daya Manusia, Kita punya anak muda yang berpotensi dibidang ini. Para peserta pelatihan hari ini, semuanya tamatan dari SMKN 1 Larantuka jurusan Teknik bangunan, sehingga mereka perlu diberdayakan. Kedepannya, kalian inilah yang dipersiapkan menjadi tenaga perencana sekaligus menjadi TPK ketika ada perencanaan pembangunan infrastruktur di desa,” ucap Kades dengan penuh semangat.

Dalam laporan Kepala Seksi Pembangunan, Paskalis Enga Welan, sekaligus sebagai ketua TPK Pelatihan ini, menyebutkan bahwa dana yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun sebelumnya yang dianggarkan kembali pada APBDes tahun 2020, sebesar Enam juta tiga puluh Sembilan ribu lima ratus rupiah, untuk lima orang peserta selama tiga hari berturut-turut.

 

Foto: Peserta Pelatihan

Yang menjadi nara sumber/pemateri dalam kegiatan pelatihan ini antara lain; Ibu Aloysia Sri Enjel Kwen sebagai Pendamping Desa Kecamatan Ile Mandiri bidang teknik  Sapras, Ibu Yuniarty Tio sebagai Pendampinng Desa Kecamatan Ile Mandiri bidang pemberdayaan dan Pak Benny Lengari Pendamping Desa Sarpras Kecamatan Adonara Barat.

Ibu Enjel, pada kesempatan ini, mengaku merasa bangga dengan terlaksananya kegiatan pelatihan Kader Teknik Desa di desa Mudakeputu hari ini.

“Sebagai Pendamping Desa yang membidangi Sarpras, saya merasa bangga dengan kegiatan ini, karena pemerintah desa Mudakeputu sudah mengambil langkah maju merekrut tenaga teknik desa. Namun demikian, belum cukup hanya tiga hari pelatihan, kalau mau materi diberikan secara detail. Akan tetapi kami berusaha menyajikan  materi-materi  yang praktis dibutuhkan di desa, sehingga meskipun hanya tiga hari, diharapkan peserta akan  memahami dan sanggup mengaplikasikan ilmu-ilmu yang di dapat,” demikian ibu Enjel.

Ketika ditanya terkait materi-materi  yang  praktis berhubungan langsung dengan kebutuhan di desa saat ini, oleh mudakeputu.desa.idibu Enjel menyebutkan bahwa, “materi yang akan disajikan selama tiga hari ini antara lain;  Penyusunan Desain Teknis Sarpras Desa, Penyusunan Desain dan Rencana Anggaran Biaya (RAB), Pelaksanaan Pekerjaan Sarpras Desa, Pengadaan Barang dan Jasa Sarpras Desa serta Tata Kelola Keuangan Desa, dengan metode pelatihan teori dan praktek.”  (mdi)

 

 

 

Editor: Sil Leton

 

 

0 Komentar

Kontak Kami

Desa Mudakeputu Kecamatan Ile Mandiri Kabupaten Flores TImur - NTT

Pencarian

Social Media

Statistik